Jasa Konsultasi Pengembangan Sistem Reward Karyawan Berbasis KPI

Pengembangan Sistem Reward Karyawan Berbasis KPI

Mengembangkan performance management system berbasis KPI yang transparan dan berkeadilan.

Salah satu manfaat Key Performance Indicators (KPI) adalah untuk melakukan penilaian karyawan. Tentu saja syaratnya, KPI tersebut di-cascade sampai level individu.

Dengan melakukan cascading sampai level individu, akan terjadi keselarasan antara kinerja karyawan dengan kinerja korporat.

Artinya, bila kinerja karyawan meningkat, kemungkinan besar kinerja perusahaan juga meningkat.

Saya katakan kemungkinan besar, karena manajemen kinerja bukanlah faktor satu-satunya yang penyebab naik turunnya kinerja perusahaan.

Ada banyak faktor lain yang berpengaruh, baik dari eksternal maupun internal.

Jadi bisa jadi bila faktor lain tersebut berkinerja buruk, maka berpengaruh pada kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Tetapi tidak dipungkiri, kontribusi kinerja karyawan tentu sangat besar. Oleh karena itu, manajemen kinerja karyawan adalah salah satu faktor kunci yang harus dilakukan dengan baik.

Salah satu elemen penting manajemen kinerja adalah memberlakukan sistem reward berdasarkan pencapaian kinerja masing-masing individu.

Ini akan mendorong karyawan untuk meningkatkan kinerjanya, karena bila dia bekerja dengan jelek, dia tidak akan mendapatkan lebih. Bahkan mendapatkan punishment.

Reward bisa bermacam-macam. Bisa berupa finansial bisa juga non finansial. Yang paling menarik tentu saja reward yang bersifat finansial.

Tantangan Penerapan Manajemen Kinerja Karyawan

Beberapa titik krusial dalam manajemen kinerja karyawan menurut saya ada tiga.

Pertama, pada saat penyusunan KPI. Harus dilakukan standardisasi dan penyelarasan yang ketat, sehingga KPI yang ditetapkan benar-benar yang berkualitas.

Ini penting. Karena bila tidak begitu, masing-masing unit kerja dan individu akan cenderung memilih KPI yang ringan-ringan saja sehingga mudah tercapai.

Ini juga akan menjamin keadilan pada saat reward diberlakukan. Penentuan KPI yang tidak seimbang akan menghancurkan sistem manajemen kinerja yang akan dibangun.

Kedua, pada sistem tata kelola KPI yang dibangun. Sistem pelaporan dan evaluasi yang dilakukan harus benar-benar transparan dan konsekwen.

Juga perlu diingat. Penerapan KPI bukanlah proses sekali jadi. Tetapi berkembang. KPI harus selalu direviu untuk menjamin kualitas dan keselarasannya dengan strategi korporat.

Ketiga, pada sistem penghitungan reward. Khususnya untuk jenis reward finansial. Perhitungan yang dilakukan harus benar-benar transparan dan berkeadilan.

Jasa Konsultasi Pengembangan Sistem Reward Karyawan Berbasis KPI

Konsultasi Pengembangan Sistem Reward Karyawan Berbasis KPI

Dalam kaitannya dengan hal tersebut, Qnerza Consulting menyediakan layanan jasa konsultasi pengembangan sistem reward karyawan berbasis KPI.

Yang kami lakukan adalah dengan melakukan cascading KPI korporat sampai level individu dengan kualitas yang terstandardisasi.

Kemudian membangun sistem tata kelola KPI yang disesuaikan dengan struktur yang ada pada organisasi.

Dan terakhir mengembangkan sistem perhitungan reward yang menjamin transparansi dan keadilan.

Kontak Jasa Konsultasi Pengembangan Sistem Reward Karyawan Berbasis KPI

Lebih lanjut tentang jasa konsultasi pengembangan sistem reward karyawan berbasis KPI bisa chat melalui link berikut:

Selain itu, lihat juga layanan paket Balanced Scorecard kami yang lain yaitu: